Ide Creative Di Era 4.0
Pengertian dari Revolusi adalah tentang perubahan sosial dan kebudayaan yang terjadi atau berlangsung secara cepat yang menyangkut dasar atau pokok-pokok di dalam kehidupan masyarakat. Di dalam revolusi perubahan yang terjadi dapat di rencanakan atau tanpa di rencanakan terlebih dahulu dan dapat di jalankan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan. Revolusi juga merupakan suatu usaha menuju perubahan kemasalahan masyarakat untuk merubahnya menjadi lebih baik. Sedangkan Evolusi adalah perubahan sosial dan kebudayaan yang terjadi atau berlangsung secara lambat. Perubahan sosial dapat terjadi dalam segala aspek kehidupan masyarakat hal ini karena semakin kesini semakin berkembang teknologi-teknologi yang semakin canggih yang berdampak pula pada perubahan sosial masyarakat.
Contoh revolusi perubahan secara cepat yaitu teknologi alat komunikasi atau gadget, pada zaman dahulu orang yang ingin berkomunikasi masih menggunakan surat dan di kirim melalui kantor pos setelah itu mulai ada orang yang menciptakan alat komunikasi telpon dan juga hp namun hpnya belum terlalu canggih hanya bisa di gunakan untuk telfo, dan sms saja, dan sekarang seiring berkembangnya zaman gadget pun semakin canggih sudah bisa di gunakan untuk segala aktivitas dengan berbagai aplikasi juga seperti jika ingin membeli makan ada grab food, ketika ingin bepergian menggunakan grab atau gojek, dan ketika ingin belanja apapun itu bisa menggunakan hp dengan menggunakan aplikasi seperti toko pedia, buka lapak, lazada, shopee, dan bahkan jika ingin membeli pulsa membayar listrik air dan transfer uang pun tidak usah ribet-ribet pergi bolak-balik ke tempatnya yang memakan waktu lama hanya dengan hp sekarang sudah bisa semuanya dengan hanya duduk atau tiduran di rumah atau di manapun tempatnya bisa tinggal menggunakan aplikasi hp yang sudah android. Tidak hanya gadget tapi ada juga computer yang dulunya berbentuk sangat besar dan berat sekarang sudah beda bentuknya tidak besar tetapi tipis bahakan sudah ada yang menciptakan laptop dan netbook yang bisa di bawa kemana saja. Perubahan revolusi ini terjadi akibat dari persyaratan-persyaratan tertentu seperti:
Terdapat keinginan umum dari seluruh lapisan masyarakat untuk mengadakan suatu perubahan.
Terdapat pemimpin atau golongan kelompok yang dapat memimpin masyarakat dengan baik.
Dapat memanfaatkan momentum untuk melakukan revolusi.
Terdapat gerakan yang jelas dan ditunjukkan kepada rakyat.
Terdapat pemimpin yang memiliki kemampuan untuk manampung, merumuskan serta mempertegas rasa tidak puas masyarakat dan keinginan-keinginannya yang dapat dijadikan sebagai program gerakan revolusi.
Contoh evolusi perubahan secara lambat yaitu contohnya peubahan sosial budaya yang berubah dari masyarakat yang senang berburu dan meramu menjadi masyarakat yang senang melakukan kegiatan pertanian. Perubahan evolusi ini biasanya terjadi akibat usaha-usaha masyarakat pada saat menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitar yang tumbuh seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan masyarakat.
Proses perubahan sosial biasanya terjadi dalam sistem sosial masyarakat yang terdiri dari tiga proses antara lain sebagai berikut
Invensi
Invensi adalah sebuah bentuk proses dimana terdapat ide-ide baru yang mencoba diciptakan oleh pihak-pihak tertentu kemudian berusaha untuk di kembangkan.
Difusi
Difusi adalah sebuah proses pengkomunikasian segala bentuk ide-ide baru yang sengaja diciptakan ke dalam suatu bentuk sistem sosial.
Konskuensi
Konsekuensi adalah perubahan yang terdapat pada sebuah unsur-unsur perubahan sosial budaya yang di sebabkan oleh proses adopsi ataupun penolakan inovasi. Perubahan yang terjadi bisa sajadiakibatkan dari adanya penggunaan ataupun dari sebuah penolakan seluruh bentuk ide-ide baru yang menyebabkan adanya akibat dari komunikasi sosial.

Kelompok 43
Nama mentor: Yogi Maulana Yusuf, Tuti Fitria, dan Reqi Rachmawan
Kordiv : Muhammad Rizky Nugraha
Wakordiv : Putri Nabila Noviyanti
Penanggung jawab mentor : Rahma Anjani Khalid dan Wiedhy Rahmadhansyah A

#widyatama #mahasiswa #bandung #prestasi #generasi utama.

Print Friendly, PDF & Email