Arti DJITU++
DJITU singkatan dari Disiplin ,Jujur ,Inovatif, Tekun, Ulet ++ rasa memiliki, dan keterbukaan serta perbaikan terus menerus. Pengertian DJITU++ menurut saya yaitu:
Disiplin yaitu melatih kepribadian sikap seseorang untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semua orang harus tau tentang apa itu disiplin dan harus bisa menerapkan sikap disiplin di manapun tempatnya. Banyak sekali contoh disiplin seperti lebih menghargai waktu, patuh kepada aturan.
Contoh disiplin di jalan raya: mematuhi peraturan rambu lalu lintas,membawa surat kendaraan lengkap STNK, SIM, dan memakai helm.
Contoh disiplin di dalam rumah dan di luar rumah atau masyarakat: tidur dan bangun tidur tepat waktu, membereskan tempat tidur, membantu kedua orang tua, mengerjakan PR sekolah, belajar, menyapa,senyum kepada orang di sekitar ketika hendak lewat atau ucapkan permisi.
Contoh disiplin di sekolah: datang tepat waktu tidak terlambat masuk sekolah, memakai seragam sekolah yang sudah di tentukan, memakai atribut lengkap, memakai sergam yang rapi,mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas tepat waktu, mengikuti upacara,jika tidak sekolah harus membuat surat keterangan sakit atau izin, ketika keluar kelas seperti ingin k kamar mandi harus izin kepada bapak atau ibu guru, membuang sampah pada tempatnya. Jika seseorang tidak bisa disiplin dan melanggar aturan harus mau menerima konsekuensinya yaitu mendapatkan hukuman atau sanksi.
Jujur yaitu sikap atau sifat seorang yang harusnya sudah terlatih atau dilatih oleh kedua orangtua untuk jujur dan tidak berkata bohong, perbuatan dan perkataan harus sama dan begitupun sebaliknya perkataan dan perbuatan harus sama tidak di lebih-lebihkan atau mengada-ngada, contohnya :
Membeli makanan ke warung 3 tetapi hanya membayar separuhnya.
Ketika ulangan malah mencontek bukan dari hasil kerja keras sendiri.
Berpamitan kepada kedua orang tua misalkan ke sekolah untuk kerja kelompok tetapi faktanya malah bermain bersama teman.
Saat berteman malah menggosipi temannya yang tidak-tidak dan tidak sesuai fakta, ketika di depan berperilaku sangat baik tetapi saat di belakang malah berkata buruk atau menjelek-jelekkan.
Inovatif yaitu mencurahkan segala kemampuan otak untuk berfikir menciptakan sesuatu yang baru baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Tetapi ada syarat-syarat yang harus di penuhi dalam berfikir inovatif seperti berfikir secara luas dengan batasan norma dan agama agar tidak jauh dan keluar dari jalur, dan tidak mengakui kreatifitas orang lain harus benar-benar hasil kemampuan otak sendiri, contohnya: mau membuat buku tentang apapun harus menggunakan kata-kata sendiri tidak mengcopy paste hasil karya orang lain.
Tekun yaitu bekerja keras dengan sepenuh hati, teguh, dan berpendirian. Contohnya: seseorang yang berkuliah sangat menekuni pelajarannya tersebut agar mendapatkan hasil IPK yang tinggi dan bisa lulus lebih cepat.
Ulet yaitu sifat atau sikap seseorang yang tidak mudah putus aa atau menyerah begitu saja ketika jatuh tetap bangkit dan semangat lagi.
Rasa memiliki yaitu seperti misalkan saya mempunyai barang saya harus bertanggung jawab oleh barang itu dengan cara menjaga, melindungi dengan barang tersebut.
Keterbukaan yaitu bersedia menerima pengetahuan atau informasi dan memberitahukannya kepada pihak lain.
Perbaikan terus menerus yaitu sifat seseorang yang tidak mudah putus asa ketika mendapatkan hasil yang kurang memuaskan dan terus mencoba memperbaiki secara berkali-kali sampai mendapatkan hasil yang di inginkan.

Kelompok 43
Nama mentor: Yogi Maulana Yusuf, Tuti Fitria, dan Reqi Rachmawan
Kordiv : Muhammad Rizky Nugraha
Wakordiv : Putri Nabila Noviyanti
Penanggung jawab mentor : Rahma Anjani Khalid dan Wiedhy Rahmadhansyah A

#widyatama #mahasiswa #bandung #prestasi #generasi utama.

Print Friendly, PDF & Email