Bagaimana menjadi seorang yang mempunyai skill public speaking yang baik
Menurut saya orang yang mempunyai skill public yang baik itu sangat bagus dan orang tersebut mempunyai percaya diri yang sangat tinggi. di jaman ini penting sekali untuk orang-orang yang mempunyai kemampuan public speaking, karena pasti akan sangat di butuhkan oleh banyak perusahaan. Terkadang orang-orang yang mampu menguasai skill public speaking akan terlihat cermelang . Dalam menguasai skill public itu tidak mudah, harus bisa menguasai semua pengetahuan umum terlebih dahulu agar tidak terlihat asal berbicara saja.
Sebagai mahasiswa harus bisa menguasai skill public speaking karena itu sangat penting sekali agar ketika presentasi dan juga saat melamar kerja ada wawancara bisa berbicara dengan lancar tanpa asal bicara. Untuk menguasai skill public yang baik perlu melewati beberapa tahap yaitu
Persiapan
Pada tahap ini banyak sekali orang-orang yang menyepelekan tahapan ini. Seolah-olah adalah tahapan yang paling mudah. Padahal kalau menyepelekan tahapan ini akibatnya akan sangat fatal. Pada persiapan ini bukan hanya sekedar materi saja, tetapi ada persiapan mental dan juga fisik. Persiapan mental meliputi bagaimana diri kita bisa rileks dan tidak gugup saat berbicara di depan banyak orang. Persiapan fisik meliputi bagaimana kita memastikan bahwa kondisi badan kita saat itu sedang fit. Bagaimana persiapan suara kita agar tiba-tiba menjadi serak, bagaimana kita memilih baju yang akan di pakai agar sesuai dengan tema dan enak dilihat. Dan yang paling penting adalah mempersiapkan materi.
Pembukaan
Pada tahap kedua ini, bagaimana kita akan berbicara di depan banyak orang. Ada sesuatu yang harus diperhatikan salah satunya adalah intonasi nada. Boleh bersemangat tetapi tidak berlebihan agar tidak menganggu yang lainnya. Lebih baik membuka suara yang tenang agar tidak terjadi kesalahan.
Penyampaian
Pada tahap ketiga ini penyampaian terbagi menjadi 4 yaitu: yang pertama adalah reading from complete text yaitu dengan membaca naskah. Orang yang berbicara di depan banyak orang pada metode ini biasanya adalah orang-orang yang mempunyai pengaruh besar saat dia berbicara, contohnya yaitu presiden. Yang kedua adalah using notes yaitu menggunakan catatan kecil. Metode ini biasanya digunakan pada saat pidato biasa, menggunakan catatan kecil hanya untuk menjadi pengingat alur apa yang akan disampaikan. Yang ketiga adalah memory yaitu orang yang berbicara didepan khalayak banyak dengan cara mengingat. Jadi sebelum berbicara ia akan selalu berlatih sekaligus menghafal agar apa yang di sampaikan berjalan dengan mulus. Dan yang terakhir keempat adalah using visual aids as notes adalah orang yang berbiacara didepan menggunakan alat bantu berupa visual sebagai catatan. Dan yang lebih di kenal menggunakan PPT (Microsoft Power Point).
Penutupan
Pada tahapan keempat ini jika pembicara sudah selesai dengan materinya, jangan langsung tutup dengan sallam. Tapi menyatakan gagasan dan menyimpulkan apa yang tadi sudah disampaikan dengan berbagai cara agar bisa mendorong oranglain untuk bertindak atau ikut berpartisipasi.
Dari tahap-tahap di atas banyak sekali orang-orang yang salah dalam berbicara karena tidak menrapkan skill public speaking nya. Contohnya banyak sekali orang-orang yang gugup, salah tempo, tidak focus. Jadi sebelum public speaking dimulai persiapkanlah public speaking dengan matang dan sebaik-baiknya. Carilah materi yang akan di sampaikan, persiapkan barang atau catatan apa yang akan digunakan nanti, persiapkan tubuh dengan istirahat yang cukup.
Kelompok 43
Nama mentor: Yogi Maulana Yusuf, Tuti Fitria, dan Reqi Rachmawan
Kordiv : Muhammad Rizky Nugraha
Wakordiv : Putri Nabila Noviyanti

Print Friendly, PDF & Email